Resep Pilus Ubi Jalar Istimewa dengan Rasa Manis Original

Resep pilus ubi jalar menghasilkan gorengan bertekstur lembut dengan rasa manis khas gula pasir. Kehadirannya selalu dinanti karena selain enak juga cukup mengenyangkan. Jadi jangan heran jika di warung pasti habis lebih dulu dibandingkan gorengan lain.

Cara membuat pilus ubi jalar adalah dengan menumbuk ubi kukus lalu diberi tambahan gula pasir. Selanjutnya tinggal dibentuk dan digoreng hingga kecoklatan. Walaupun namanya pilus tapi dari rasa dan penampilan sangat berbeda dengan pilus si makanan ringan yang populer saat ini.


  • https://www.facebook.com/groups/998908136883024/permalink/1217464615027374

Resep Pilus Ubi Jalar

Bahan utamanya adalah ubi jalar, kita bisa memakai warna putih, kuning ataupun ungu. Kalau ingin cepat empuk maka harus direbus, kalau ingin tekstur yang lebih kering ya harus sabar dengan dikukus.

Karena daging ubi sudah memiliki rasa manis alami jadi tidak perlu banyak tambahan gula pasir. Agar tidak rontok ketika digoreng campurkan sedikit tepung  dalam adonan. Pilus juga bisa dibuat dari kentang, teksturnya tidak jauh berbeda.

Baca juga: Cara Memasak Ubi Cilembu Panggang dengan & Tanpa Oven

Dewasa ini pilus tidak hanya dibuat dengan rasa original yaitu manis. Beberapa ibu memberikan isian dari keju ataupun coklat. Rasanya sih unik tapi tidak semua orang suka, jadi bisa disesuaikan dengan selera masing masing.
Resep Pilus Ubi Jalar Istimewa dengan Rasa Manis Original
Bahan:
  • Ubi jalar 300 gram
  • Gula pasir 75 gram
  • Tepung kanji 50 gram
  • Garam ¼ sdt
  • Vanili ¼ sdt
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Timus Ubi Jalar:
Pertama kupas kulit ubi lalu cuci dengan air mengalir hingga bersih. Kukus hingga empuk sampai ke bagian tengah.

Segera tumbuk selagi masih hangat. Kalau nunggu dingin nanti lebih sulit lembut, cenderung menggumpal.

Campurkan ubi tumbuk, gula pasir, tepung kanji, garam dan vanili. Aduk aduk hingga semua tercampur rata.

Ambil sedikit adonan, bentuk bulat lonjong. Ulangi hingga semua adonan habis terbentuk.

Siapkan wajan berisi minyak yang sudah dipanaskan. Goreng pilus ubi hingga berubah warna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.


Resep pilus ubi jalar telah selesai, tinggal disajikan saja kepada seluruh anggota keluarga. Sajikan selagi hangat sebagai pendamping minum es manis agar terasa lebih nikmat. Ohya, hasil gorengan pilus cenderung berminyak, tidak ada salahnya ditiriskan terlebih dahulu dengan tisu khusus makanan.

Jika ingin memberikan isian berupa keju ataupun coklat, bisa dimasukkan ketika membentuk adonan. Cukup pipihkan ubi lalu taruh isian tepat di tengah, kemudian dibentuk bulat. Perkirakan jumlah isian yang dimasukkan agar tidak rembes keluar.

Jajanan tradisional lain yang tidak kalah dengan pilus adalah Jemblem. Terbuat dari singkong parut yang diisi dengan gula merah dan dibentuk bulat. Terasa gurih dengan kejutan rasa manis di dalamnya. Berikut cara membuatnya, Resep Jemblem Singkong Parut Goreng Isi Gula Merah.

Sekian artikel tentang Resep Pilus Ubi Jalar Istimewa dengan Rasa Manis Original. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!