Resep Martabak Lenggang Rainbow Anti Gagal yang Enak

Resep martabak lenggang rainbow adalah salah kuliner yang cukup populer akhir-akhir ini, kalau bahasa orang sekarang sih kekinian banget. Cocok sekali dicoba buat anda yang bosan dengan martabak yang itu itu saja.

Adonan yang dipakai sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebanyakan martabak. Tapi pemberian warna yang tepat membuatnya lebih sedap dipandang mata. Lenggang sendiri adalah nama dari martabak bulat yang dilipat sehingga berbentuk mirip pastel. Banyak juga yang menyebutnya martabak lipat atau martabak tekuk.


  • https://facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1044556948976982/

Resep Martabak Lenggang

Bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu, telur, gula pasir dan ragi (kebanyakan menggunakan fermipan). Semua bahan kemudian dicampur dengan sedikit air menjadi adonan yang cukup licin.

Fungsi telur sendiri adalah membuat tekstur kue lebih empuk. Kalau mau resep martabak lenggang tanpa telur maka kita mengganti telur dengan water roux (ibu roti) yang dibuat dari campuran air dan tepung terigu (perbandingan 5 : 1) yang dipanaskan hingga kental.

Sedangkan untuk resep tanpa ragi bisa digantikan dengan penggunakan baking powder/ soda kue yang juga berfungsi sebagai pengembang agar martabak bisa bersarang.

Baca juga: Apa itu Fermipan si Ragi Instan

Belakangan martabak dengan tampilan cantik ini cukup terkenal di sosial media terutama facebook dan instagram. Cara membuat martabak lenggang yang cukup populer di internet diperkenalkan oleh ibu Shenny Suzanna dari Langsung enak, berikut ini adalah resep lengkapnya!
Resep Martabak Lenggang Rainbow Anti Gagal yang Enak
Bahan:
  • Tepung terigu serbaguna 250 gram
  • Gula pasir 2 sdm
  • Telur 1 butir
  • Air 500 ml
  • Fermipan 1/2 sdt
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan  
  • Isian sesuai selera
Cara Membuat Martabak Lenggang:
Sebaiknya tepung terigu diayak terlebih dahulu agar benar benar halus. Campur semua bahan kering seperti gula, tepung terigu dan ragi instan.

Setelah itu masukkan air dan telur, kocok hingga rata. Bisa pakai mixer ataupun manual asalkan hasilnya licin tidak bergerindil. Adonannya terlihat sedikit encer, diamkan sekitar 1 jam. Kalau ingin beberapa warna maka adonan bisa dibagi dan diberi pewarna makanan.

Panaskan teflon hingga panas lalu atur kompor ke api kecil. Tujuannya agar martabak lenggang yang dihasilkan dapat matang merata.

Ambil sesendok sayur adonan lalu tuangkan ke teflon. Panaskan hingga bagian atas terlihat bersarang dan mulai mengering, beri isian seperti seperti meises, selai, keju ataupun susu kental manis. Setelah itu angkat dan lipat selagi panas, sedikit tekan bagian pinggir agar lebih melekat.

Resep martabak lenggang rainbow telah selesai, pastinya teksturnya empuk, lembut dan berserat ketika digigit. Makan selagi hangat agar lebih mantap rasa dan aroma manisnya, dijamin tidak kalah dengan rasa martabak luaran.


Kudapan satu ini paling enak dimakan ketika berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat. Warna rainbow yang cantik terbukti dapat meningkatkan nafsu makan terutama anak-anak. Bahan yang digunakan pun 100% aman jadi tidak perlu ragu membuatnya untuk buah hati.

Baca juga: Resep Kue Cubit ala Abang Abang Setengah Matang Enak

Sekarang masih jarang orang yang menjual martabak berwarna pelangi ini terutama yang jauh dari kota. Jadi bagi ibu yang ingin mencoba mencari tambahan penghasilan, tidak ada salahnya mencoba menjual martabak lenggang. Bahannya murah, membuatnya mudah dan rasanya mewah, pasti cepat ludes diborong pembeli.

Sekian artikel tentang Resep Martabak Lenggang Rainbow Anti Gagal yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!