Resep Kue Gandus Khas Palembang yang Enak dan Gurih

Resep kue gandus konon berasal dari daerah Bangka namun lebih dikenal sebagai jajanan khas Palembang. Wajar sih karena sebenarnya makanan satu ini beredar di kebanyakan wilayah Malaka, bahkan di Malaysia pun ada dengan nama talam berlauk. Sebutan lain yang cukup dikenal di Indonesia adalah talam ebi.

Cara membuat gandus cukup mudah, kita tinggal mencampur tepung beras dan santan yang kemudian dimasukkan ke dalam cetakan lalu dikukus, terakhir tinggal diberi topping ebi (udang kering) dan lainnya. Jajanan gandus memiliki rasa asin gurih dan cukup untuk menganjal perut yang lapar.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1078968165535860/?match=a3VlIGdhbmR1cyxnYW5kdXMscmVzZXAsa3Vl

Resep Kue Gandus

Bentuk kue gandus ini lebih disarankan bulat pipih yang bisa didapatkan dengan menggunakan cetakan kue mangkok/ talam. Dengan cetakan yang kecil nanti resep gandus lebih cepat matang. Kalau tidak punya, cukup dimasukan ke dalam loyang nanti setelah matang tinggal dipotong kotak-kotak.
Resep Kue Gandus Khas Palembang yang Enak dan Gurih
© fb.com/melati.putri.167
Bahan Gandus:
  • Tepung beras 100 gram
  • Santan 300 ml (dipanaskan sebentar sampai sedikit hangat)
  • Garam 1/4 sdt
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Tepung sagu 1 sdm
  • Topping
    • Udang kering
    • Bawang goreng
    • Daun seledri (diiris tipis)
    • Irisan cabe merah
Baca juga: Resep Ketan Srikaya Pandan si Kue Kukus Berlapis Lapis

Cara Membuat Kue Gandus:
Pertama-tama siapkan kukusan, tutup panci diberi serbet bersih agar tidak banyak uap air yang nanti bisa membuat kue terlalu lembek.

Sambil menunggu panci siap, campur tepung beras, tepung maizeda, sagu dan sedikit garam. Tambahkan santan yang telah dipanaskan sebentar sambil diaduk-aduk sampai rata, hasilnya adonan yang tidak terlalu encer ataupun kental.

Siapkan cetakan dengan memberinya sedikit olesan minyak sayur, tuangkan adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh. Nantinya kue sedikit mengembang namun tidak terlalu signifikan. Masukkan cetakan yang telah diisi ke dalam kukusan lalu tinggal tunggu kue gandus matang, setidaknya butuh 15 menitan.

Keluarkan kue dari kukusan dan tinggal sentuhan akhir berupa topping, tata rapi sehingga lebih menggugah selera makan. Penataan sebaiknya selagi kue masih hangat, dengan begitu topping lebih menempel.


Resep kue gandus telah selesai, jajanan khas Palembang ini sangat mudah ditemui terutama saat bulan puasa. Dalam sekali gigit semua bahan yang akan menyatu di mulut, menciptakan rasa yang membuat kita tanpa sadar berkata "Lemaknyooo".

Untuk bahan utama pastinya cukup mudah didapatkan sedangkan untuk topping selain ebi, cukup sesuaikan dengan selera anda bisa bawang goreng, tomat, cabai, seledri, abon, sosis dll. Kalau memakai daging sebaiknya dimasak dulu sebelumnya.

Kehadiran topping boleh dibilang wajib, bukan gandus namanya kalau tidak ada ebi dan kawan-kawan. Topping inilah yang membedakan resep gandus dengan varian talam lainnya.

Baca juga: Resep Kue Satu Kacang Hijau yang Gurih dan Lembut

Sekian artikel tentang Resep Kue Gandus Khas Palembang yang Enak dan Gurih. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!