Cara Memasak Babat Sapi dan Membersihkannya

Apa itu Babat? Babat adalah jenis daging yang diambil dari perut hewan, yang paling terkenal diambil dari sapi. Banyak sekali cara memasak babat sapi menjadi masakan khas Indonesia, sebut saja coto Makasar (soto babat), nasi goreng babat, tumis babat dan berbagai makanan lezat lainnya.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa babat itu awalnya berwarna hitam dan sangat berbau, serius baunya bisa bikin perut eneg karena amis dari proses pencernaan sapi. Butuh proses pembersihan beberapa kali sampai bisa mendapatkan babat yang putih siap olah.
Babat yang bertekstur licin diambil dari perut pertama (rumen) sedangkan yang bertekstur seperti sarang lebah berasal dari perut kedua (reticulum)

  • http://norecipes.com/tripe
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Tripe

Cara Membersihkan Babat

Cara Memasak Babat Sapi
Di pasar ataupun supermarket kita dapat membeli babat yang sudah bersih dengan mudah. Tapi lain cerita jika babat masih kotor, jarang orang yang mau membersihkan babat karena bau amisnya.
Hindari membeli babat yang berwarna sangat putih, ditakutkan pembersihan menggunakan pemutih yang tidak sehat. Belilah babat yang berwarna putih kekuningan
Baca juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Di daerah saya saat Idul Kurban, biasanya babat dibersihkan oleh seorang saja. Setelah proses penyembelihan, orang tersebut lalu membawa babat ke sungai terdekat untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel.
  1. Proses pembersihan babat kotor memerlukan banyak sekali air, disarankan dilakukan dengan air mengalir. Inilah kenapa sungai menjadi pilihan terbaik.

    Alternatif lain adalah merendam dengan air hangat.
  2. Kucek-kucek saja mirip dengan mencuci handuk, secara penampilan babat juga mirip handuk. 
  3. Untuk mengerok lapisan hijau kehitaman di babat, kita bisa menggunakan pisau atau sendok.
  4. Setelah selesai tinggal membilas babat dengan air bersih.
    Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dari air sungai.
  5. Terakhir masak, makan bareng :)
Beberapa orang menyarankan sebelum dibersihkan sebaiknya babat direndam dalam air kapur sirih selama 30 menitan. Proses ini ditujukan untuk menghilangkan bau amis sehingga cara membersihkan babat bisa dilakukan dengan nyaman.

Cara Memasak Babat

Masakan babat memang sedap, terasa kenyal-kenyal di mulut. Hmmm.. yummy.

Sayangnya tidak mudah mengolah daging babat ini, terkadang jika salah mengolah hasilnya bisa alot sekali. Sebaiknya babat direbus terlebih dahulu sebelum diolah menjadi masakan lain.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Pastikan babat sudah bersih dari kotoran yang menempel terutama lapisan hijau kehitaman.
  2. Potong babat menjadi potongan yang kecil, tujuannya agar proses pematangan lebih cepat.

    Potong dengan ukuran sama agar terlihat lebih cantik , mungkin agak susah karena babat cukup tebal dan alot. Gunakan pisau yang benar-benar tajam.

    Baca juga: Cara Mengasah Pisau Biar Tajam
  3. Gunakan panci presto agar babat lebih cepat empuk, biasanya butuh 30 menit.
    Kalau menggunakan panci biasa maka merebus butuh waktu lebih lama sekitar 2 jam.
    Gunakan api kecil atau sedang saja.
  4. Masukkan rempah-rempah seperti daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas.
    Selain membantu babat cepat empuk, rempah ini juga dapat memberikan aroma sedap.
  5. Setelah mulai empuk maka babat ini siap dibumbui menjadi masakan berbahan babat.
Babat adalah salah satu jeroan yang mengandung kolesterol jahat, oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi dalam porsi wajar.
Sekian artikel tentang Cara Memasak Babat Sapi dan Membersihkannya. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!